Ketentuan Pembagian Daging Aqiqah

Bagi setiap orang tua, khususnya yang beragama islam pastinya sudah mengerti apa itu aqiqah. Yaps, Aqiqah adalah suatu ibadah sunnah untuk bayi yang ditujukan kepada Allah SWT untuk membuktikan rasa bersyukur mereka karena telah dikarunia seorang anak didalam keluarganya.

Kehadiran seorang anak ditengah keluarga pastinya menjadi momen yang paling bahagia dan dinantikan oleh setiap orang tua. Dalam islam setiap anak yang dilahirkan didunia maka ia harus diaqiqahi oleh kedua orang tuanya.

Arti Jelas Mengenai Aqiqah

Didalam bahasa arab kata aqiqah diartikan memutus atau melubangi. Secara umum aqiqah diartikan sebagai penyembelihan hewan ternak kambing atau domba. Jika diartikan secara jelas bahwa arti dari aqiqah yaitu suatu ibadah yang dilakukan dengan cara menyembelihkan 2 kambing untuk anak laki-laki dan 1 kambing untuk anak perempuan.

Aqiqah tidak hanya untuk anak-anak saja, namun aqiqah juga diperuntukkan orang dewasa bahkan orang tua yang sebelumnya mereka belum pernah diaqiqahi oleh kedua orang tuanya diwaktu mereka masih kecil.

Jadi semasa kita belum diaqiqah, maka kita masih dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah walaupun dengan kemampuan sendiri. Sebab jika kita mengaqiqahi diri kita sendiri dengan uang kita sendiri, maka kita akan meringankan beban kedua orang tua yang menanggung aqiqah anaknya.

Tujuan Dari Ibadah Aqiqah

Sudah dijelaskan diatas bahwa tujuan uatama dari aqiqah yaitu melepaskan anak dari statusnya yang masih tergadai. Namun tahukah Ayah Bunda bahwa aqiqah mempunyai beberapa tujuan yang wajib Ayah dan Bunda ketahui yang pertama yaitu dengan melaksanakan aqiqah, maka sama saja kita menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Yang kedua yaitu tujuan mengaqiqahi anak yaitu agar anak terlindung dari gangguan setan dan jin, karena biasanya anak yang belum diaqiqah terutama bayi ia akan sering diganggu oleh setan dan jin. Dan tujuan selanjutnya yakni aqiqah dapat menghilangkan kotoran dan penyakit pada bayi yang berasal dari dalam kandungan.

Pada saat aqiqah nanti akan ada bagian prosesi pemotongan dan pencukuran rambut pada bayi, nah pada saat itu rambut pada bayi yang berasal dari dalam kandungan akan dicukur bersih dan nantinya akan tumbuh dengan rambut yang baru. Itulah beberapa tujuan mengapa setiap anak harus diaqiqah. Oleh sebab itu ketika Ayah Bunda masih mampu mengaqiqahi putra putrinya jangan tunda lagi aqiqah mereka.

Apakah Masih Bisa Aqiqah Ketika Sudah Dewasa?

Banyak sekali yang bertanya mengenai hal tersebut. Oke disini akan kita bahas bersama. Didalam islam tidak ada aturan batasan umur melaksanakan aqiqah, jadi artinya usia berapa saja masih bisa menunaikan ibadah sunnah tersebut selagi kita mampu melaksanakan.

Bahkan sekarang banyak orang yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak mereka baru bisa melaksanakan aqiqah. Sebab pada jaman mereka masih kecil orang tua mereka belum mampu mengaqiqahi anaknya karena terkendala faktor ekonomi. Oleh sebab itu ketika kita sudah dimampukan untuk aqiqah, maka hendaknya segera menunaikannya.

Ketentuan Pembagian Daging Aqiqah

Ada beberapa cara pembagian daging aqiqah. Yang pertama yaitu dibagikan kepada para tamu, tetangga, teman, ataupun saudara terdekat. Mereka yang membagikan daging aqiqah kepada para tamu adalah mereka yang mengadakan acara aqiqah dirumah sendriri. Jadi daging aqiqah dibagikan dalam bentuk masakan aqiqah siap saji ataupun siap santap.

Dan yang kedua yaitu daging aqiqah dibagikan ke panti asuhan, pondok pesantren, ataupun tempat lain yang membutuhkan. Maksud dari hal tersebut adalah daging aqiqah akan disalurkan kepada yang berhak menerima dan meminta doa kebaikan bagi yang diaqiqahi.

Dalam pembagian daging aqiqah beda dengan pembagian daging qurban. Daging qurban harus dibagikan dalam bentuk masih mentah, sedangkan daging aqiqah harus diolah terlebih dahulu lalu dibagikan dalam bentuk makanan.

Aqiqah Lewat Online

sekarang banyak sekali orang disibukkan dengan urusannya masing-masing hingga mereka tak punya waktu melaksanakan ibadah sunnah aqiqah. Padahal aqiqah sangatlah penting bagi diri mereka, terutama bagi anak-anak yang masih kecil ataupun masih bayi.

Oleh sebab itu untuk meringankan dan membantu urusan mereka tanpa harus menguras waktunya maka mereka lebih memilih aqiqah lewat online. Nantinya aqiqah mereka akan disalurkan ketempat yang mereka amanahkan.

Jasa yang melayani aqiqah online salah satunya yaitu Aqiqah Berkah. Disini kami menghadirkan Paket Aqiqah Mandiri (Aqiqah dalam bentuk masakan siap saji atau siap santab dan nantinya akan kami antar ke alamat Ayah dan Bunda).

Dan yang kedua yakni Paket Aqiqah Peduli (Aqiqah Ayah Bunda akan disalurkan ke panti asuhan dan pondok pesantren). Disini kami juga memberikan fasilitas berupa gratis sertifikat dan buku risalah aqiqah secara gratis. Tak hanya itu kami juga memberikan gratis biaya antar masakan bagai yang berada dalam wilayah. Untuk info dan pemesanan silahkan hubungi 0813-3568-0602.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *