Harga Kambing Di Malang 2020

Harga Kambing Di Malang 2020

Dalam situasi seperti ini yaitu ketika menjelang hari raya qurban atau hari raya Idul Adha 2020 pasti sudah banyak masyarakat yang mencari dan membeli hewan ternak untuk diqurbankan. Hewan ternak yang dicari kebanyakan adalah sapi kambing dan juga domba.

Ketika hewan tersebut sekarang sudah banyak dijual di pasaran ataupun daerah mana pun terutama di Malang Jawa Timur. Daerah jawa timur merupakan daerah yang kebanyakan masyarakatnya berbisnis sebagai peternak hewan da salah satunya yaitu hewan ternak sapi, kambing dan juga domba.

Pada saat menjelang hari raya qurban seperti sekarang ketiga hewan tersebut mengalami penaikan harga yang cukup mahal. Sebab pada saat atau situasi seperti ini para peternak akan mencari kesempatan untuk mengambil keuntungan dari penjualan hewan ternak nya. Karena situasi seperti inilah para peternak akan kebanjiran pesanan hewan ternak untuk qurban.

Pengertian Dari Qurban

Qurban dalam bahasa arab memiliki arti yakni memotong dan menyembelih. Qurban juga salah satu ibadah sunnah yang sangat diutamakan dan juga ibadah sunnah yang dicintai oleh Allah SWT.

Pengertian dari qurban sendiri adalah ibadah sunnah dilaksanakan pada saat hari raya Idul Adha (10 dzulhijjah) dengan melakukan penyembelihan hewan qurban (sapi, kambing, domba, onta). Qurban memiliki hukum sunnah muakkad yang sama dengan hukum dari ibadah aqiqah.

Ibadah qurban dan aqiqah sebetulnya hampir sama, syarat hewan penyembelihan nya pun juga hampir sama yang membedakan hanya waktu pelaksanaannya saja yaitu jika qurban dilaksanakan dalam satu tahun sekali (hari raya Idul Adha).

Sedangkan ibadah hakikat dilakukan satu kali saja seumur hidup tepatnya pada saat sang bayi masih berumur sekitar 7 hari atau 14 hari atau bisa juga berumur 21 hari. Ketika waktu tersebut merupakan waktu baik yang dianjurkan dalam agama islam untuk melaksanakan aqiqah bayi yang baru dilahirkan.

Sejarah Dari Ibadah Qurban

Jika kita membahas mengenai sejarah dari ibadah qurban, kita akan teringat ketika jangan nabi Ibrahim bersama putranya yaitu nabi Ismail yang diberi perintah oleh allah yang di mana nabi ibrahim harus rela untuk menyembelih putra semata wayang nyai itu nabi Ismail. Nabi Ibrahim mendapat perintah tersebut yaitu pada saat nabi Ibrahim sedang tidur dan bermimpi.

Dan lewat mimpi tersebut Alla SWT memberi perintah kepada nabi Ibrahim untuk menyembelih nabi Ismail ketika nabi Ismail sudah berumur 13 tahun. Setelah berpisah selama kurang lebih 12 tahun nabi Ismail pun bertemu dengan ayahnya yaitu nabi Ibrahim ada nabi Ismail pun sudah siap dan ikhlas untuk dirinya disembelih oleh kayak kandungnya sendiri.

Hari penyembelihan pun tiba tempatnya yaitu pada saat hari raya Idul Adha atau tanggal 10 dzulhijjah. Nabi Ibrahim pun mengasah pedang sampai tajam agar ketika nabi Ismail disembelih dia tidak merasakan sakit lagi. Pada saat proses penyembelihan kaki dan tangan nabi Ismail diikat. Namun ketika pedang nabi Ibrahim dan menyembelih leher dari nabi Ismail pedang tersebut langsung terpental terus-menerus akan pedang tersebut tidak mau menyembelih lahir nabi Ismail.

Meskipun tulang kaki ulang-ulang pedang tersebut tetap saja terpental ketika hendak menyembelih leher dari nabi Ismail. Nabi Ismail pun menyuruh ayahnya untuk melepas ikatan yang ada di kakinya. Hal tersebut dilakukan sebagai bukti ketaatan dari nabi Ismail dan juga nabi Ibrahim.

Setelah itu nabi Ibrahim pun melanjutkan menyembelih putranya, namun ketika hendak menyembelih tiba-tiba tubuh dari nabi Ismail digantikan dengan tubuh seekor domba. Dimana domba tersebut sebelumnya memang sudah dibawa oleh malaikat Jibril tanpa sepengetahuan nabi Ibrahim ataupun nabi Ismail. Dan pada akhirnya peristiwa tersebut sampai sekarang masih dilakukan dengan cara berkurban setiap satu kali dalam setahun.

Pembagian Daging Qurban

Setelah melakukan penyembelihan hewan qurban kemudian daging dari hewan qurban akan dipotong kecil-kecil dan dibagi kepada masyarakat yang berhak menerima daging kambing atau daging kurban. Masyarakat utama yang berhak menerima daging qurban pertama yaitu para fakir miskin.

Daging qurban yang dibagikan yaitu harus masih dalam keadaan mentah. Dan pembagiannya pun juga harus dibagi secara rata dan sesuai dalam peraturan Islam. Dalam hal ini hikmah yang bisa kita ambil dan pembagian daging qurban yaitu kita bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka yang ada diluar sana dan membutuhkan bantuan kita lewat pembagian daging qurban.

Harga Kambing Di Malang 2020

Aqiqah Berkah menyediakan dan melayani pemesanan hewan qurban (sapi, kambing/ domba) dengan harga yang murah, mudah dan amanah. Info pemesanan (0813-3568-0602).

Harga Kambing Aqiqah Berkah:

1. Kambing berbobot dari 23 sampai 26kg harga Rp. 1.900.000
2. Kambing berbobot dari 27 sampai 29kg harga Rp. 2.100.000
3. Kambing berbobot dari 30 sampai 33kg harga Rp. 2.400.000
4. Kambing berbobot dari 34 sampai 36kg harga Rp. 2.600.000
5. Kambing berbobot dari 37 sampai 39kg harga Rp. 2.800.000
6. Kambing berbobot dari 40kg harga Rp. 3.000.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *